STANDAR
DAN PANDUAN AUDIT SISTEM INFORMASI
ISACA
ISACA
adalah suatu organisasi profesi internasional di bidang tata kelola teknologi
informasi yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1967. Awalnya dikenal
dengan nama lengkap Information Systems Audit and Control Association, saat ini
ISACA hanya menggunakan akronimnya untuk merefleksikan cakupan luasnya di
bidang tata kelola teknologi informasi.
ISACA
didirikan oleh individu yang mengenali kebutuhan untuk sumber informasi
terpusat dan bimbingan dalam bidang tumbuh kontrol audit untuk sistem komputer.
Hari ini, ISACA memiliki lebih dari 115.000 konstituen di seluruh dunia dan
telah memiliki kurang lebih 70.000 anggota yang tersebar di 140 negara. Anggota
ISACA terdiri dari antara lain auditor sistem informasi, konsultan, pengajar,
profesional keamanan sistem informasi, pembuat perundangan, CIO, serta auditor
internal. Jaringan ISACA terdiri dari sekitar 170 cabang yang berada di lebih
dari 60 negara, termasuk di Indonesia.
• Sifat khusus audit sistem informasi,
keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan audit SI
memerlukan standar yang berlaku secara global
• ISACA berperan untuk memberikan informasi untuk mendukung kebutuhan pengetahuan
• Dalam famework ISACA terkait, audit
sistem informasi terdapat Standards,
Guidelines and procedures
• Standar yang ditetapkan oleh ISACA
harus diikuti oleh auditor.
• Guidelines memberikan
bantuan tentang bagaimana auditor dapat menerapkan standar dalam berbagai
penugasan audit.
• Prosedur memberikan contoh
langkah-langkah auditor dapat mengikuti penugasan audit tertentu sehingga dapat
menerapkan standar.
• Namun, IS auditor harus menggunakan
pertimbangan profesional ketika menggunakan pedoman dan prosedur.
ISO 1799
menghadirkan
sebuah standar untuk sistem manajemen keamanan informasi yang meliputi dokumen
kebijakan keamanan informasi, alokasi keamanan informasi tanggung jawab
menyediakan semua pemakai dengan pendidikan dan pelatihan di dalam keamanan
informasi, mengembangkan suatu sistem untuk laporan peristiwa keamanan,
memperkenalkan virus kendali, mengembangkan suatu rencana kesinambungan bisnis,
mengikuti kebutuhan untuk pelindungan data, dan menetapkan prosedur untuk
mentaati kebijakan keamanan.
COSO
The
Comitte of Sponsoring Organizations of the treadway commission’s (COSO)
dibentuk pada tahun 1985 sebagai alinasi dari 5 (lima) organisasi professional.
Organisasi tersebut terdiri dari American Accounting Association, American
Instititue of Certified Public Accountants, Financial Executives International,
Instititute of Management Accountants, dan The Institute of Internal Auditors.
Koalisi ini didirikan untuk menyatukan pandangan dalam komunitas bisnis
berkaitan dengan isu-isu seputar pelaporan keuangan yang mengandung fraud.
Secara
garis besar, COSO menghadirkan suatu kerangka kerja yang integral terkait
dengan definisi pengendalian intern, komponen-komponennya, dan kriteria
pengendalian intern yang dapat dievaluasi. Pengendalian internal terdiri dari 5
komponen yang saling berhubungan. Komponen-komponen tersebut memberikan
kerangka kerja yang efektif untuk menjelaskan dan menganalisa sistem
pengendalian internal yang diimplementasikan dalam suatu organisasi.
Komponen-komponen tersebut, adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan pengendalian
2. Penilaian resiko
3. Aktifitas pengendalian
4. Informasi dan komunikasi
5. Pemantauan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar